Blogger Backgrounds

Kamis, 17 Mei 2012

Sistem Ekonomi


Tulisan ke-4
Sistem Ekonomi
Sistem ekonomi adalah perangkat atau alat yang digunakan untuk menjawab secara tuntas masalah apa,bagaimana,dan untuk apa barang diproduksi. Efektif atau tidaknya jawaban-jawaban yang diberikan sangat tergantung kepada sistem ekonomi yang dipilih. Secara umum,terdapat empat sistem ekonomi.

1.  Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.  Tidak adanya pemisah yang tegas antara rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi sehingga bisa dianggap masih dalam satu kesatuan.
b.   Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana.
c.    Tidak terdapat pembagian kerja, jikapun ada masih sangat sederhana.
d.  Tidak ada hubungan dengan dunia luar sehingga masyarakatnya sangat statis.
Berdasarkan ciri-ciri diatas,sistem ekonomi tradisional mempunyai kebaikan, yaitu terjadinya persaingan yang sehat serta tidak menimbulkan tekanan jiwa dalam masyarakat karena anggota masyarakat tidak dibebani oleh target-target tertentu yang harus dicapai,Namun demikian, sistem ekonomi tradisional ini juga mempunyai kelemahan,yaitu masyarakatnya sulit berkembang.

2.  Sistem Ekonomi Komando

Dalam sistem ekoomi ini yang paling dominan adalah pemerintah. Peran ini diwujudkan dalam satu komando, baik produksi maupun konsumsi. Pemeritah akan menentukan apa,bagaimana dan untuk siapa barang yang diproduksi. Pemerintah juga menentukan siapa saja yang kaya dan siapa saja yang miskin.
Ciri-ciri sistem ekonomi komando :
a.  Kegiatan ekoomi(produksi,konsumsi,dan distribusi) diatur oleh pemerintah.
b.   Kebebasan individu dalam berusaha tidak ada.
c.    Kebebasan individu dalam memiliki kekayaann pribadi tidak ada.
d.  Kepemilikan alat produksi sepenuhnya pada pemerintah.
e.    Kegiatan ekonomi tidak melibatkan mayarakat atau swasta.



3.  Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar yang mengendalikan adalah pasar sepenuhnya. Dalam sistem ekonomi ini,sistem harga,pasar dan laba sangat meentukan jawaban terhadap pertanyaan apa,bagaimana,dan untuk siapa. Orang yang ingin mendapatkan laba haruslah menguasai pasar dengan mengandalkan teknologi yang maju dan harga yang tinggi.
Sistem ini cenderung membuat suatu monopoli dan persaingan tidak sehat. Asalkan untuk mendapatkan keuntungan segala cara dilakukan. Perusahaan-perusahaan bersaing sangat bebas karena peranan pemerintah sama sekali tidak ada.
Sistem ekonomi liberal memiliki beberapa ciri utama sebagai berikut :
a.  Kegiata ekonomi sepenuhnya diserahkan dan dilaksanakan oleh swasta/masyarakat.
b.   Kebebasan masyarakat untuk memiliki alat-alat produksi dan berusaha diakui.
c.    Hak milik perorangan diakui.
d.  Keikutsertaan pemerintah dalam bidang ekonomi diakui tidak secara langsung dan hanya terbatas pada pembuatan peraturan dan kebijakan ekonomi.
e.    Kebebasan masyarakat untuk berinovasi dan berimprovisasi diakui dan dihormati.
f.     Kegiatan yang dilaksanakan bersifat profit oriented

4.  Sistem Ekonomi Campuran

Kecenderungan sistem ekonomi saat ini adalah sistem ekonomi campuran (mixed economy), yaitu mengambil sebagian unsur-unsur pasar,tradisional,dan komando. Hal ini didasari kesadaran saling ketergantungan antar negara dan adanya pengaruh ekonomi global.
Dalam sistem ekonomi campuran,mekanisme harga dan pasar bebas yang dianut oleh sistem ekonomi pasar bebas dapat berdampingan dengan adanya perencanaan dari pusat seperti yang dianut oleh sistem ekonomi komando. Satu hal yang harus dipahami,bahwa pada sistem ekonomi campuran terdapat peranan pemerintah untuk mengendalikan pasar yang bertujuan agar ekonomi tak lepas sama sekali dan menguntungkan para pemilik modal yang besar sehingga membentuk monopoli.


Sumber : buku ekonomi kelas X, Yudhistira

1 komentar:

  1. terimakasih kembali
    iya semoga bisa membawa manfaat bagi orang lain, maaf jika masih banyak kekurangannya :)

    BalasHapus