Blogger Backgrounds

Kamis, 24 November 2011

Pasar dan Ekonomi


PASAR
Istilah pasar pada awalnya diperuntukkan bagi suatu tempat dimana barang-barang diperdagangkan.
Teori ekonomi awalnya berusaha mencari tahu tentang perilaku harga dalam pasar.
Begitu teori perilau pasar berkembang, objek pembahasan diperluas hingga mencakup komoditi seperti beras.
Pada “ Pasar Devisa” tidak mempunyai lkasi spesifik. Pasar ini beroprasi melalui telephon internasional&jaringan computer dimana penyalur membel&menjual dolar,sterling,franc,yen,dan mata uang Negara lain. Pasar yang seenarnya dapat menggunakan semua sarana komunikasi termasuk surat kabar.
Dalam pengertian modern, Pasar menunjukkan pada situasi manapun dimana pembeli&penjual dapat menegosiakan pertukaran komoditi. Pada masa lalu, biaya transportasi yang tinggi& barang yang tidak tahan lama menyebabkan banyak pasar yang bersifat local.

Ekonomi
Ekonomi didefinisikan agak longgar, yaitu sebagai serangkaian kegiatan produk&konsumsi yang saling berkaitan kegiatan bisa menyangkut wilayah profinsi,wilayah Negara atau sekelompok Negara. Dalam perekonomian manapun, alokasi sumber daya ditentukan oleh keputusan produksi,keputusan penjualan,&keputusan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan, rumah tangga dan pemerintah.
Ekonomi pasr bebas(free-market economy) adalah system ekonomi dimana keputusan yang diambil oleh rumah tangga &perusahaan mempunyai pengaruh atas alokasi sumber daya. Ekonomi terpimpin(command economy) yaitu system ekonomi yang keputusan-keputusan pokok tentang alokasi sumber daya diambil oleh pemerintah  sedangkan perusahaan serta rumah tangga memproduksi &mengkonsumsi seperti yang telah diatur oleh pemerintah tadi. Ekonomi campuran dalam arti bahwa sebagai keputusan dibuat oleh perusahaan,rumah tangga &pemerintah melalui mekanisme pasar & sebagian lagi dibuat oleh pemerintah dengan prinsip terpimpinnya.

Sector dalam Ekonomi

Bagian dari suatu system ekonomi biasanya disebut sector pada ekonomi tersebut. Misalnya, sector pertanian adalah bagian dari ekonomi yang menghasilkan komoditi pertaniaan.

 Sektor Pasar dan Sektor Non Pasar

Produsen membuat komoditi. Konsumen menggunakan komoditi. Komoditi dapat berpindah dari satu kelompok ke kelompok lainnya melalui dua cara; dijual oleh produsen dan dibeli oleh konsumen dipasar, atau sekedar dihadiahkan begitu saja.
Bila komoditi dibeli dan dijual, produsen berharap biaya-biaya untuk membuatnya bias ditutup oleh penghasilan yang diperoleh dari penjualan barang. Kita sebut jenis produksi ini sebagai produksi pasar , dan bagian dari kegiatan ekonomi kita anggap menjadi milik sector pasar(market sector). Bila barang itu diberikan atau dihibahkan, biaya produksi harus ditutup oleh sumber dana lain selain penerimaan dari penjualan. Kita sebut ini produksi non-pasar, dan bagian ini menjadi milik sector non-pasar.
Jika suatu produk tidak dapat dijual dengan  harga yang dapat menutup biayanya dan memberikan laba yang cukup untuk mereka yang membuatnya,maka produk tersebut tidak akan dibuat. Produksi  dalam sector non-pasar tidak menghadapi test kemampuan laba seperti ini. Karena produksinya diberikan secara gratis dan biayanya dipengaruhi oleh sumbangan, keputusan untuk memproduksinya bergantung pada kesediaan pemerintah dan badan-badab swasta untuk membayar biayanya dan bukan pada kemampunnya untuk dijual dengan harga yang menutup biayanya. 






sumber:buku pengantar mikroekonomi edisi kesepuluh
  lipsey-purvis
  steiner-courant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar